Tugas Teori Ekonomi dan Management
Perencanaan dan Langkah Organisasi dalam Mencapai Tujuannya
Brilian Ardi Kusuma
11417256
1IB02
Kata pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas
segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai . Tidak
lupa penulis juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang
telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.
Dan harapan penulis semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman penulis, penulis yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Dan harapan penulis semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman penulis, penulis yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Depok,26 November 2017
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar belakang
Seiring perkembangan zaman, banyak hal yang terjadi pada era globalisasi
saat ini. Misalnya, banyak terciptanya organisasi-organisasi yang memiliki
tujuan tersendiri dalam dibentukya organisasi tersebut. Untuk mencapai tujuan
tersebut, dibutuhkan perencanaan yang baik serta melakukan langkah-langkah yang
tepat. Perencanaan merupakan hal penting yang harus dilakukan agar
program-program dapat terlaksana dengan baik sehingga tujuan dari organisasi
tersebut dapat tercapai.
Oleh karena itu,kami akan membahas perencanaan dan langkah-langkah yang
harus di lakukan sebuah organisasi untuk mencapai tujuannya.
1.2
Rumusan masalah
1.
Bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk
membuat suatu perencanaan?
2.
Apa fungsi perencanaan bagi sebuah organisasi?
3.
Bagaimana kriteria perencanaan yang baik?
1.3
Tujuan
1.
Menjelaskan tentang langkah yang harus dilakukan untuk membuat suatu
perencanaan.
2.
Menjelaskan tentang fungsi perencanaan bagi sebuah organisasi.
3.
Menjelaskan Kriteria Perencanaan yang Baik.
1.4
Manfaat penulisan
Berdasarkan
penulisan makalah ini pembaca dapat memperoleh beberapa manfaat, yaitu pembaca
dapat mengetahui cara menyusun atau membuat suatu perencanaan yang baik agar
tercapainya tujuan dari sebuah organisasi serta pembaca dapat mengetahui
langkah apa saja yang harus dilakukan untuk membuat suatu organisasi dapat
mencapai tujuannya.
BAB II
TEORI
A. Pengertian
Pengertian Perencanaan
Perencanaan sebenarnya adalah suatu cara “rasional” untuk
mempersiapkan masa depan Becker (2000) dalam Rustiadi (2008 h.339). Sedangkan
menurut Alder (1999) dalam Rustiadi (2008 h.339) menyatakan bahwa :
“Perencanaan
adalah suatu proses menentukan apa yang ingin dicapai di masa yang akan datang serta
menetapkan tahapan-tahapan yang dibutuhkan untuk mencapainya. Sebagian kalangan
berpendapat bahwa perencanaan adalah suatu aktivitas yang dibatasi oleh lingkup
waktu tertentu, sehingga perencanaan, lebih jauh diartikan sebagai kegiatan
terkoordinasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu dalam waktu tertentu.
Artinya perencanaan adalah suatu proses menentukan apa yang ingin dicapai di
masa yang akan dating serta menetapkan tahapan-tahapan yang dibutuhkan untuk
mencapainya. Dengan demikian, proses perencanaan dilakukan dengan menguji
berbagai arah pencapaian serta mengkaji berbagai ketidakpastian yang ada,
mengukur kemampuan (kapasitas) kita untuk mencapainya kemudian memilih
arah-arah terbaik serta memilih langkah-langkah untuk mencapainya.”
Rencana
dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalah
rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu
organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus
dilaksanakan suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu. Rencana formal
merupakan rencana bersama anggota korporasi, artinya, setiap anggota harus
mengetahui dan menjalankan rencana itu. Rencana formal dibuat untuk mengurangi
ambiguitas dan menciptakan kesepahaman tentang apa yang harus dilakukan.
BAB III
ISI
Perencanaan
Dan Langkah Organisasi Dalam Mencapai Tujuannya
3.1 Langkah yang harus dilakukan untuk membuat
suatu perencanaan
1.
Merumuskan
Misi dan Tujuan.
Usaha sistematis formal
untuk menggariskan wujud utama dari perusahaan , sasaran
sasaran, kebijakan
kebijakan dan strategi untuk mencapai sasaran-sasaran dan wujud utama
perusahaan yang bersangkutan.
2.
Memahami
Keadaan Saat ini.
Perencanaan menyangkut
jangkauan masa depan dari keputusan-keputusan yang dibuat sekarang, untuk mengenal
sistematis peluang dan ancaman dimasa mendatang. Dengan pilihan langkah-langkah
yang tepat akan lebih menguntungkan perusahaan. Meliputi jangka pendek dan
sampai jangka panjang.
3.
Mempertimbangkan
faktor pendukung dan penghambat tercapainya Tujuan.
Segala kemudahan dan
kemungkinan hambatan dalam usaha mencapai tujuan perlu sedini mungkin
diidentifikasi, agar persiapan dapat dilakukan. Disatu pihak perusahaan dapat
meraih kemudahan dan manfaat optimal dengan kesempatan yang tersedia.
4.
Menyusun
rencana Kegiatan untuk mencapai Tujuan.
Tujuan dapat dicapai dengan
beberapa cara, diantaranya adalah :
1.
Menyusun
berbagai alternatif kebijaksanaan dan tindakan-tindakan yang mungkin dapat
dipilih.
2.
Menilai
dan membandingkan untung rugi setiap alternatif kegiatan kebijakan.
3.
Memilih
dan menetapkan suatu alternatif yang paling cocok dan baik diantara
alternatif-alternatif lain.
3.2
Fungsi Perencanaan Bagi Sebuah Organisasi
Fungsi perencanaan pada dasarnya adalah suatu proses pengambilan
keputusan sehubungan dengan hasil yang diinginkan, dengan penggunaansumber daya
dan pembentukan suatu sistem komunikasi yang memungkinkan pelaporan dan
pengendalian hasil akhir serta perbandingan hasil-hasil tersebut dengan rencana
yang di buat.
Banyak kegunaan dari pembuatan perencanaan yakni terciptanya efesiensi
dan efektivitas pelaksanaan kegiatan perusahaan, dapat melakukan koreksi atas
penyimpangan sedini mungkin, mengidentifikasi hambatan-hambatan yang timbul menghindari kegiatan, pertumbuhan dan
perubahan yang tidak terarah dan terkontrol.
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi
kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang
tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan
– Menetapkan tujuan dan target bisnis
– Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan
dan target bisnis tersebut
– Menentukan sumber-sumber daya yang
diperlukan
– Menetapkan standar/indikator keberhasilan
dalam pencapaian tujuan dan target bisnis
3.3 Kriteria
perencanaan yang baik
1.
Logis dan Rasional. Artinya, apa yang dirumuskan dapat diterima
oleh akal, dan oleh sebab itu maka perencanaan tersebut bisa dijalankan.
2.
Komprehensif. Perencanaan yang baik juga harus memenuhi
syarat komprehensif. Artinya menyeluruh dan mengakomodasi aspek-aspek yang
terkait langsung terhadap perusahaan. Perencanaan yang baik tidak hanya terkait
dengan bagian yang harus kita jalankan, tetai juga dengan mempertimbangkan
koordinasi dan integrasi dengan bagian lain di perusahaan.
3.
Fleksibel.
Artinya, perencanaan yang baik diharapkan dapat beradaptasi dengan perubahan
dimasa yang akan datang, tapi bukan berarti perencanaan itu dapat diubah
seenaknya.
4.
Komitmen.
Perencanaan yang baik harus merupakan dan melahirkan komitmen terhadap seluruh
anggota organisasi untuk bersama-sama berupaya mewujudkan tujuan organisasi.
Komitmen dapat dibangun dalam sebuah perusahaan jika seluruh anggota di
perusahaan beranggapan bahwa perencanaan yang dirumuskan telah sesuai dengan
tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi.
5.
Realistis,
perencanaan yang baik perlu memenuhi persyaratan realistis. Artinya, apa yang
dirumuskan oleh perusahaan sesuai dengan fakta dan wajar untuk dicapai dalam
kondisi tertentu yang dihadapi perusahaan.
BAB IV
PENUTUP
A.Kesimpulan
Dalam mencapai tujuan sebuah
organisasi, diperlukan sebuah perencanaan yang baik dan efisien agar
program-program yang ingin dijalankan dapat berjalan dengan baik. Langkah-
langkah yang di ambil atau dilakukan juga harus tepat agar tidak terhambatnya
program dari organisasi tersebut dan agar tercapainya tujuan dari organisasi
tersebut.
B. Saran
1. Organisasi harus membuat suatu
perencanaan yang baik.
2. Organisasi tidak boleh salah langkah
dalam menjalankan program organisasi tersebut.
3. Organisasi harus menyusun berbagai
kebijakan atau tindakan yang mungkin harus dipilih dalam berbagai keadaan.
BAB V
Daftar Pustaka
0 komentar:
Posting Komentar