TEKNOLOGI INFORMASI DAN MULTIMEDIA
SISTEM DAN KOMPONEN MULTIMEDIA
Disusun Oleh :
Brilian Ardi Kusuma
11417256
Kelas : 4IB01
Mata Kuliah : Teknologi Informasi dan
Multimedia#
Dosen : Veronica Ernita Kristianti
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2020
A.
SISTEM MULTIMEDIA
Sistem adalah setiap sesuatu yang terdiri atas objek, unsur atau komponen yang berhubungan atau berkaitan satu sama lain sehingga menjadi satu kesatuan pemrosesan dan pengolahan. Sistem multimedia merupakan suatu integrasi atau gabungan dari komponen-komponen multimedia seperti teks, gambar, suara audio, animasi dan video. Secara tidak langsung dalam kehidupan sehari-hari multimedia menjadi suatu kebutuhan yang penting. Komputer, film, video, TV, radio dan sebagainya merupakan bagian-bagian dari multimedia.
B.
KOMPONEN MULTIMEDIA
1.
TEKS
Teks adalah suatu kombinasi
huruf yang membentuk satu kata atau kalimat yang menjelaskan suatu maksud atau
materi pembelajaran yang dapat dipahami oleh orang yang membacanya. Teks merupakan
dasar dari pengolahan kata dan informasi berbasis multimedia. Multimedia menyajikan
informasi kepada pengguna dengan cepat, karena tidak diperlukan membaca secara
rinci dan teliti. Teks adalah bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan
dan dikendalikan. Teks dapat membentuk kata atau narasi dalam multimedia yang menyajikan
bahasa. Kebutuhan teks bergantung kepada penggunaan aplikasi multimedia. Teks digunakan
untuk menjelaskan gambar. Penggunaan teks pada multimedia perlu memperhatikan
penggunaan jenis huruf, ukuran huruf, dan style hurufnya (warna, bold,
italic).
2.
GRAFIK
Grafik merupakan komponen penting
dalam multimedia. Grafik berarti juga gambar (image, picture, atau drawing).
Gambar merupakan sarana yang tepat untuk menyajikan informasi, apalagi pengguna
sangat berorientasi pada gambar yang bentuknya visual (visual
oriented). Manusia berorientasi pada visual, sehingga informasi yang
menggunakan gambar, animasi dan video lebih mudah dicerna dibandingkan dengan
informasi dalam bentuk teks. Namun informasi dalam bentuk teks seperti buku,
brosur dan lain-lain tidak akan ditinggalkan karena diperlukan untuk melengkapinya,
yaitu bila ingin memahami dan mempelajari dengan rinci dan teliti.
3.
GAMBAR (IMAGES ATAU
VISUAL DIAM)
Gambar merupakan penyampaian
informasi dalam bentuk visual. Gambar menurut Agnew dan Kellerman (1996) adalah
gambar dalam bentuk garis (line drawing), bulatan, kotak, bayangan warna dan sebagainya yang dikembangkan
dengan menggunakan perangkat lunak agar multimedia dapat disajikan lebih menarik
dan efektif. Gambar atau images berarti pula gambar raster (halftone
drawing), seperti foto. Elemen gambar digunakan untuk mendeskripsikan
sesuatu dengan lebih jelas. Gambar digunakan dalam presentasi atau penyajian multimedia
karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan
dengan teks.
Gambar dapat
meringkas data yang kompleks dengan cara yang
baru dan lebih berguna. Gambar juga dapat berfungsi sebagai ikon, yang bila
dipadukan dengan teks, merupakan opsi/pilihan yang bisa dilakukan. Gambar
dimanfaatkan antara lain untuk membuat basis data yang efektif dan mudah
ditampilkan. Untuk itu sangat memerlukan ruang penyimpanan yang besar. Itulah sebabnya
aplikasi multimedia disimpan dalam media penyimpanan yang cukup besar kapasitasnya
seperti DVD ROM.
4. VIDEO
(VISUAL GERAK)
Video pada dasarnya adalah alat atau media yang dapat menunjukkan simulasi benda nyata. Agnew dan Kellerman (1996) mendefinisikan video sebagai media digital yang menunjukkan susunan atau urutan gambar-gambar bergerak dan dapat memberikan ilusi/fantasi. Video juga sebagai sarana untuk menyampaikan informasi yang menarik, langsung dan efektif. Video pada multimedia digunakan untuk menggambarkan suatu kegiatan atau aksi. Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
5. ANIMASI
Animasi adalah suatu tampilan
yang menggabungkan antara media teks, grafik dan suara dalam suatu aktivitas
pergerakan. Neo & Neo (1997) mendefinisikan animasi sebagai satu teknologi yang
dapat menjadikan gambar yang diam menjadi bergerak kelihatan seolah-olah gambar
tersebut hidup, dapat bergerak, beraksi dan berkata. Dalam multimedia, animasi merupakan
penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer. Animasi digunakan untuk
menjelaskan dan mensimulasikan sesuatu yang sulit dilakukan dengan video.
6. AUDIO (SUARA, BUNYI)
Audio didefinisikan sebagai
macam-macam bunyi dalam bentuk digital seperti suara, musik, narasi dan
sebagainya yang bisa didengar untuk keperluan suara latar, penyampaian pesan duka,
sedih, semangat dan macam-macam disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Disisi
lain audio juga dapat meningkatkan daya ingat serta bisa membantu bagi pengguna
yang memiliki kelemahan dalam penglihatan. Penggunaan suara pada multimedia
dapat berupa narasi, lagu, dan sound effect. Biasanya narasi ditampilkan
bersama-sama dengan foto atau teks untuk lebih memperjelas informasi yang akan
disampaikan. Jika personal komputer (PC) multimedia tanpa bunyi, maka bukan
multimedia namanya melainkan hanya disebut unimedia. Bunyi dapat ditambahkan
dalam multimedia melalui suara, musik, atau efek-efek suara.
7. INTERAKTIVITAS
Elemen ini sangat penting dalam
multimedia interaktif. Elemen lain seperti teks, suara, video dan foto dapat
disampaikan dimedia lain seperti TV dan VCD player, tetapi elemen interaktif
hanya dapat ditampilkan di komputer. Elemen ini sangat memanfaatkan kemampuan
komputer sepenuhnya. Aspek interaktif pada multimedia dapat berupa navigasi,
simulasi, permainan dan latihan. Apabila dalam suatu aplikasi multimedia,
pengguna multimedia diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen
yang ada, maka multimedia itu disebut dengan Interactive Multimedia. Apabila
dalam aplikasi multimedia disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan
oleh pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia.
DAFTAR PUSTAKA
[1] https://www.scribd.com/document/396509567/Sistem-Dan-Komponen-Multimedia
[2] https://socs.binus.ac.id/2018/12/26/elemen-elemen-multimedia/
0 komentar:
Posting Komentar