TEKNOLOGI INFORMASI DAN MULTIMEDIA
KONSEP MULTIMEDIA
Disusun Oleh :
Brilian Ardi Kusuma
11417256
Kelas : 4IB01
Mata Kuliah : Teknologi Informasi dan
Multimedia #
Dosen : Veronica Ernita Kristianti
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2020
A. Pengertian
Multimedia adalah penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat
bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering
digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga
diadopsi oleh dunia Game. Multimedia juga dapat diartikan sebagai penggunaan
beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk text, audio,
grafik, animasi, dan video.
Multimedia berasal dari kata ‘multi’ dan
‘media’. Multi berarti banyak, dan media berarti tempat, sarana atau alat yang
digunakan untuk menyimpan informasi. Jadi berdasarkan kata, ‘multimedia’ dapat
diasumsikan sebagai wadah atau penyatuan beberapa media yang kemudian
didefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. Multimedia dapat
diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan
dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, animasi dan video.
Terdapat 4 komponen penting dari multimedia, yaitu:
1.
Harus ada komputer
yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar, yang terinteraksi dengan
kita.
2.
Harus ada link
yang menghubungkan kita dengan informasi
3.
Harus ada alat navigasi
yang memandu kita dengan informasi.
4.
Multimedia
menyediakan tempat kepada kita untuk mengumpulkan, memproses, dan
mengkomunikasikan informasi dan ide sendiri.
B. Jenis
Multimedia
Multimedia
terbagi menjadi dua kategori, yaitu:
1. 1. Multimedia
Linier
Multimedia
Linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol
apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan
sekuensial (berurutan), contohnya : TV dan film.
2. 2. Multimedia Interaktif
Multimedia Interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanutnya. Contoh multimedia interaktif adalah : multimedia pembelajaran interaktif, apliaksi game, dll. Menurut Hofstetter (2001,p16) komponen multimedia terbagi menjadi lima jenis yaitu:
1. Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang
menjadi dasar untuk menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data yang
paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Teks merupakan
cara yang paling efektif dalam mengemukakan ide-ide kepada pengguna, sehingga
penyampaian informasi akan lebih mudah dimengerti oleh masyarakat. Jenis-jenis
teks seperti Printed Text, yaitu teks yang dihasilkan oleh word processor atau
word editor dengan cara diketik yang nantinya dapat dicetak. Scanned Text yaitu
teks yang dihasilkan melalui proses scanning tanpa pengetikan. Dan Hypertext
yaitu jenis teks yang memberikan link ke suatu tempat / meloncat ke topik
tertentu.
2. Grafik (image)
Sangat bermanfaat untuk mengilustrasi
informasi yang akan disampaikan terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan
dengan kata-kata. Jenis-jenis grafik seperti bitmap yaitu gambar yang disimpan
dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada layar
monitor. Digitized picture adalah gambar hasil rekaman video atau kamera yang
dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps. Hyperpictures, sama
seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar.
3. Audio
Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa
audio (suara). Audio bisa berupa percakapan, musik atau efek suara. Format
dasar audio terdiri dari beberapa jenis :
· - WAV
Merupakan format file digital audio yang disimpan
dalam bentuk digital dengan eksistensi WAV
· - MIDI (Musical
Instrument Digital Interface)
MIDI memberikan cara yang lebih efisien dalam merekam
music dibandingkan wave, kapasitas data yang dihasilkan juga jauh lebih kecil.
MIDI disimpan dalam bentuk MID.
4. Video
Video menyediakan sumber yang kaya dan
hidup untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang
sulit digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan dapat menggambarkan emosi
dan psikologi manusia secara lebih jelas.
5. Animasi
Animasi adalah simulasi gerakan yang
dihasilkan dengan menayangkan rentetan frame ke layer. Frame adalah satu gambar
tunggal pada rentetan gambar yang membentuk animasi.
C. Pemanfaatan Multimedia
Dengan penggunaan multimedia, penyampaian
informasi akan menjadi lebih menarik dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan
informasi tersebut. Seperti yang disebutkan dalam laporan hasil penelitian yang
dikeluarkan oleh Computer Technology Research, bahwa seseorang hanya akan
mendapatkan 20% dari apa yang mereka lihat dan 30% dari yang mereka dengar.
Sedangkan melalui multimedia akan mendapatkan 50% dari apa yang mereka lihat
dan dengar, sampai 80% dari apa yang mereka lihat, dengar dan berinteraksi
dengan pada waktu yang sama. Multimedia juga digunakan dalam berbagai bidang,
yaitu:
·
- Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi
periklanan, pemasaran, presentasi, demo produk, database, dan komunikasi
jaringan. Selain itu ada pelaku bisnis tetap dapat melakukan diskusi dengan
rekan bisnisnya dengan memanfaatkan video conference, yang memungkinkan adanya
tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya
aplikasi multimedia inilah, perusahaan – perusahaan dapat menjalani bisnisnya
lebih lancar.
·
- Pendidikan
Dengan multimedia , guru dapat menggunakan
tutorial yang berisi gambar, video , animasi dan wacana untuk memberikan
materi. Dengan cara seperti ini mengubah proses belajar mengajar yang
konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar –
mengajar tidak terlalu monoton. Selain itu ada juga fasilitas simulasi
dan E-learning yang dapat membantu siswa dan pengajar dalam
mensimulasikan hal-hal yang sulit.
·
- Rumah
Di rumah banyak media elektronik yang
dapat menyuguhkan elemen -elemen multimedia antara lain televisi, DVD player,
VDC player, video game (Playstation, Sega, Nintendo, X box), dan komputer
tentunya. Penggunaan multimedia di rumah selain untuk hiburan yang positif
yaitu untuk media pembelajaran serta media pemersatu anggota keluarga. Dengan
menonton TV atau video bersama- sama dengan semua anggota keluarga (Orang tua
dan anak) tentu akan mendekatkan ikatan keluarga serta membantu pengawasan
dalam penggunaan multimedia.
· - Tempat Umum
Melalui internet dan fasilitas multimedia
, masyarakat akan dengan mudah menemukan informasi suatu tempat umum baik
secara letak, kondisi jalan dan kondisi cuaca. Selain itu, aplikasi
multimedia di tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat
pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya.
aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi
dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan.
DAFTAR PUSTAKA
[2] https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/3443/Bab%202.pdf?sequence=7
0 komentar:
Posting Komentar